Iseng Nulis Marketing in Venus

Tidak tahu kenapa saya susah sekali untuk membuat tulisan di blog ini. Padahal setiap hari menjelang tidur banyak sekali ide melintas di otak. Yang  setiap malam itu juga selalu saya tetapkan sebagai bahan untuk posting di sini. Tapi ternyata begitu sampai di depan monitor hilang semua, menguap entah kemana.

Jadi daripada bingung saya menulis sekenanya saja. Yang penting semua kata-katanya nyambung.

Ah…akhirnya ada ide nih.

Sudah empat hari ini saya menulis status di facebook tentang Marketing in Venus.

Marketing in Venus, istilah yang digunakan Hermawan Kartajaya (HK) untuk menjelaskan konsep marketing di bumi yang sudah menajdi venus. Seperti telah kita ketahui venus itu diidentikkan dengan perempuan. Dimana perempuan itu lebih mengutamakan “feel” dalam bersikap dibandingkan “ratio”.

Jadi buku itu menjelaskan bagaimana konsep marketing yang pas bagi “perempuan”. Kenapa saya beri tanda petik pada kata permpuan? Karena tidak hanya perempuan yang asli saja tapi juga laki-laki yang lebih perempuan. Bukan berarti mereka banci atau gay tapi lebih berarti laki-laki di venus itu lebih emosional, lebih perhatian terhadap “feel” itu tadi.

Oke, kembali lagi ke topik.

Kenapa saya menulis tentang itu? Karena eh karena saya baru saja menyelesaikan membaca buku itu, karangannya HK. Buku terbitan tahun 2003 itu sudah lama di tangan tapi tak kunjung selesai terbaca. Entah karena memang saya malas membaca atau karena ada yang lain yang lebih menarik.

Yang jelas akhirnya buku itu selesai saya baca minggu lalu.

Biarpun sudah selesai saya baca jangan dikira saya mengerti dan paham semua isinya. Disamping karena isinya banyak juga karena HK ini sering banget memakai istilah asing. Jadinya ya gitu deh, nggak paham. Mohon maklum saya memang payah dengan bahasa asing..

Lalu kenapa saya tuliskan di status facebook saya?

Pertanyaan seperti itu juga ditanyakan oleh bang bonjol (salah satu teman saya di fb). “Kenapa sih kok sampai segitunya?” begitu tanya dia.

Saya jawab agak serius waktu itu (biar kliatan keren, he..he..). Padahal aslinya ya iseng aja. Mungkin dengan menuliskan itu semua saya jadi paham apa yang sebelumnya tidak saya ketahui. Berharap dapat komen-komen yang banyak dan “menjelaskan” apa yang saya tulis (sok seleb banget).

Nah, karena saya bukan seleb fb jadinya ya…sampai sekarang saya belum terlalu paham tentang apa yang saya tulis.

-semoga dengan ini akhirnya lebih banyak yang akan memberi masukan-

2 Responses to “Iseng Nulis Marketing in Venus”


  1. 1 shiro December 20, 2010 at 2:15 pm

    ehm…(mikir..), ehmmm…(masih mikir..), tambah bingung, sakjane sampean arep nulis opo to mas??

  2. 2 dodo December 20, 2010 at 4:36 pm

    aku iku arep nulis bahwa aku udah mengapdet blog…he..he..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





%d bloggers like this: