Archive for March, 2009

Solusi Ngawur Soal Pramuka Smada Ngawi

kemarin habis ikut acara pelantikan bantaranya adek2 pramua smada. mmmm………sedikit ada kecewa ketika tahu
cuma 7 oarang yang jadi peserta pelantikan bantara (5pa, 2pi) tapi apalah arti
kecewa jika tanpa solusi.

ngobrol dengan beberapa adek ambalan sama sekali tidak tampak kegusaran di mata
mereka tentang sedikitnya anggota. malah enjoy mungkin, karena bisa lebih
intensif ngajarinnya (analisis ngawur dariku).

NGawur lagi….
dengan semakin banyaknya ekstrakurikuler yang ada di smada menjadikan semakin
banyak alasan untuk meninggalkan pramuka. Jadi sangat wajar kalo anggota semakin
sedikit. Otomatis persaingan semakin ketat untuk rebutan calon anggota,
khususnya kelas 10. Sayangnya persaingan ini tidak diikuti oleh adek2 kita di
ambalan. jadi sepertinya mereka cuma nunggu turahan, nunggu dapet hidayah
kale…baru masuk pramuka

Masih ngawur….
usaha konkrit untuk membuat pramuka (smada) menarik belum ada. Yang ada cuma
mengulang kebiasan2 kita sejak ratusan tahun lalu, salah satu contoh nyata
ketika ada penempuhan poin SKU. Kaget banget ternyata pertanyaan2nya masih sama
kayak saya dulu nempuh untuk poin yang sama. Luar biasa….. betapa hebatnya
yang njaga tradisi itu..

Uneg-unegnya sudah….

Sekarang solusi ngawur….
Permalaikatlah dengan semua yang telah dilakukan orang terdahulu. Sekarang hapus
semua arsip kalo perlu, stop cerita tentang masa lalu, hentikan nostalgia
kegiatan di smada. trus gimana..?

Biarkan adek2 mempersepsikan sendiri apa itu pramuka. hingga dengan pemahaman
mereka sendiri mereka bisa bertindak sesuai dengan tingkat kemampuan mereka.
Lalu..?

Sambil terus kita pantau dan berikan bimbingan jika mereka meminta.

Brikan juga sedikit stimulus bahwa kegiatan itu haru menyenangkan. jadi jangan
lakukan hal-hal yang tidak menyenangkan. Kalo nempuh SKU tidak menyenangkan ya
gak usah nempuh aja, so? Buat hal yang menyenangkan dong….

Yang menyenangkan itu gimana?

ya yang tahu ya yang nglakuin, bagi saya njailin orang itu menyenangkan tapi
belum tentu bagi mas achoy atau yang lain. maka jelas yang lebih tahu apa/gmn
yang menyengkan bagi adek2, yang tahu ya adek2 sendiri.

Apakah kita tidak boleh ngasih masukan?

ya boleh aja…. tapi kalo bisa mending gak usah daripada ntar mereka ngrasa
seperti diawasi. Efeknya ntar jadi takut melukakn sesuatu, takut salah, yang
akhirnya bakalan ditegur sama alumni, takut soalnya teguran itu dianggap sebagai
nyalahin.

Ruwet kan?

Jelas, ruwet banget kalo cuma diomongin… tapi akan lebih gampang kalo
dilakuin.

Nah sekarang sudah jelas, kapan semua yang kita omongkan disini itu kita
lakukan?

mohon doa temen2 smua, smoga jualan yang disanggar bisa tambah besar akhirnya
bisa nyangga kebutuhan dana di sanggar. Amin

Advertisements

March 2009
M T W T F S S
« Feb   May »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031