Senangnya Hidup di Desa

Kira-kira sudah 7 bulan ini saya meninggalkan dunia perkuliahan. Mencoba cari penghidupan di desa ceritanya. Bukan karena terpaksa tapi memang berkeinginan seperti itu.
Berbekal ilmu yang sudah didapat selama lebih dari lima tahun di kota besar, saya mencoba menerapkan di kampung halaman saya tercinta, desa ngale, kecamatan paron, kabupaten ngawi, jawa timur.
Tentunya dengan penuh kepercayaan diri saya menjalani hari-hari saya di desa. Minggu-minggu awal cukup menikmati hari di rumah saja sambil melakukan pengamatan. Mencoba mempelajari harus saya mulai dari mana saya bergerak untuk desa ini.
Yak, ketemu! Dari temen cangkruk. Teman sebaya yang sering saya ajak ngobrol tentang kondisi desa tercinta ini. Awalnya sih memang berat banget mau ngajak ngobrol yang sedikit “berat”. Tapi sedikit demi sedikit keluar juga apa yang sebenarnya ada di benak mereka.
Semakin sering ngumpul akhirnya terbentuklah organisasinya. Muncullah yang namanya karang taruna, organisasi yang sudah lebih dari 5 tahun gak ada actionnya. Dan jadilah saya sebagai ketuanya.
Bagaimanakah selanjutnya..? Ikuti episode selanjutnya
(semoga bisa menyempatkan diri)

20 Responses to “Senangnya Hidup di Desa”


  1. 1 Chiw Keyenz™ February 23, 2009 at 12:54 am

    sip Mas!
    harus lebih keren daripada di kampus!😉

    semangat terus yaaa… kalo jalan2, aku diajak lagi🙂

  2. 2 Choiri February 26, 2009 at 8:31 pm

    Menempatkan diri dod… hm.. take care yach..dan tetep semangat!!

  3. 3 dodo February 28, 2009 at 1:50 am

    Chiw Keyenz™
    ya nanti kalo memang momennya memungkinkan, tak ajak deh kamu.

    Choiri
    Akan saya coba choy, makasih..

  4. 4 bangaip June 23, 2009 at 2:39 am

    Saya kagum atas keberanian Mas Dodo. Saya berharap suatu hari saya pun punya kesempatan seperti yang Mas sudah putuskan jauh-jauh hari seperti ini.

    Selamat berjuang, Mas.

  5. 6 Izza aulia August 9, 2009 at 4:37 pm

    Wah dsa ngale?dsa iang ok n sensasional. .d’jamin sangt betah di sana

  6. 7 dodo October 5, 2009 at 10:51 pm

    izza
    anak ngale juga?

  7. 8 ujung-dunia December 3, 2009 at 8:59 am

    mas…kapan nih posting pengalaman kembali kedesanya di tambah lagi,bagi2 pengalaman mas karena beberapa saat lagi saya juga akan kembali kedesa setelah hampir 10 tahun kutinggalkan…pola hidup di perkotaan dengan pedesaan pasti berbeda toh..bagi2 pengalaman dunk mas…biar nanti ketika kembali kedesa gak merasa bagai katak dalam tempurung…
    pengen nya sih gak perlu bereksperimen lagi jadi aku nanti tinggal copas aja pengalaman sampean memulai hidup didesa gimana…tapi kuyakin mas…DESA ADALAH MASA DEPAN…ketika kota sudah penuh sesak,ketika kebutuhan hidup masyarakat perkotaan semakin mahal dan sulit terpenuhi,saat lahan tempat tinggal semakin sempit….saat sampah dan banjir menjadi masalah yang seakan tanpa solusi….maka desalah masadepan itu…singsingkan lengan baju tetep optimis dan semangat….ayo membangun desa

  8. 10 adinoto December 26, 2009 at 6:46 am

    gimana kang? sudah ada perkembangannya? *tertarik mendengar ceritanya🙂 hehehe…

    • 11 dodo January 5, 2010 at 8:58 pm

      sedikit sih ada, tapi lebih banyak kemundurannya. Pemudanya semakin banyak yang merantau. praktis tenaga riil yang ada hanyalah anak2 sma sama smp yang semakin disibukkan ama tugas2 sekolahnya…..

  9. 12 R. Sirantoro November 26, 2011 at 2:21 am

    Sukses selalu..bangkitlah anak muda desa ngale. Mari kita bangun desa tempat kelahiran kita dengan prestasi2 yg membanggakan.

  10. 13 R. Sirantoro November 26, 2011 at 2:53 am

    Selamat berjuang anak muda desa ngale, karya2mu yg bermanfaat sangat dinantikan masyarakat..>R. Sirantoro(081380519288)

  11. 17 mbah sastro marutoklopo (sragen) December 10, 2011 at 9:21 am

    mas, poto suasana desa ya…pas ditulis diatas msh ketua karang taruna, jangan2 sekarang sdh kades…sip… nuwun

    • 18 dodo December 13, 2011 at 10:51 pm

      wah saya tidak punya dokumen gambar-gambarnya ini. Sekarangpun saya juga sudah tidak bersentuhan sama sekali dengan karang taruna

      Saya bukan kades, pak. Saya kalau di ngale sekarang hanya menemani ibu saya yang sendirian di rumah.

  12. 19 R. Sirantoro December 15, 2011 at 3:55 pm

    Terimakasih Mas Dodo. Saya sangat menghargai atas semangat dan dedikasi anda sbgai anak muda. Terus terang saya katakan Desa Ngale itu gudangnya orang Pinter termasuk anda. Saya sendiri walaupun orang Ngale. Tidak tinggal di Ngale. Tapi kawan2 seangkatan saya sdh pd moncer berprestasi di segala bidang. Selamat berjuang Mas Dodo sahabatku.. Sukses selalu..


Leave a Reply

