Masjid Ngawi

Ada sedikit harapan ketika aku melewati jalan depan tribun alun-alun ngawi. Kulihat ada crane yang sedang diparkir di depannya. Setelah clingak-clinguk sebentar baru ngeh kalo mau dipake buat nanem paku yang gedenya sepaha para pemain bola itu. Nanemnya dimana? Tidak lain dan tidak bukan ya tentu saja di bekas masjid baiturrohman.

besoknya aku datang lagi… ehm.. cranenya sudah dipake. sudah beberapa paku yang tertancap. Suasana sekitarnya jadi agak bising oleh dentuman pemukulnya. Beberapa pekerja tampak lalu lalang gak ngerti aku lagi ngerjakan apa. Tampak pengawas proyeknya berteduh di bawah poho sebelah tribun alun-alun. Aku merasa sedang diawasi saja ketika ngambil foto dari berbagai sudut. Maklumlah, kan proyek bermasalah.

Kalo di plangnya sih bilang kalo cuman renovasi. Tapi masak renovasi kayak gitu. Kayak mbangun baru aja lawong bangunan lamanya gak berbekas sama sekali. Bahkan pagernya pun sudah ilang. Yang ngerjakan PT Satwiga Mustika Naga yang ada di geneng itu. Ya semoga amanah dan bisa sampai kelar. Sudah makan apbd segitu gede (12 miliar man) masak gak kelar juga.

17 Responses to “Masjid Ngawi”


  1. 1 achoy September 12, 2008 at 1:37 am

    Hm..semoga saja segera bisa terwujudkan “RENOVASINYA” bukan “RENO-BASINYA” …hehehe

  2. 2 haSna- ^_^ September 12, 2008 at 7:10 am

    untuk merenovasi masjid butuh ‘kebakaran’ dulu g? kayak pasar2 tradisional di surabaya dan gresik -yang aku tau…- ;D

  3. 3 Elfin September 12, 2008 at 10:35 am

    He?…
    Ya semoga bisa cepet kelar dan amanah bwat mbangun tersebut dijaga sebaik-baiknya dan sebersih-bersihnya.

  4. 4 tutug September 12, 2008 at 12:58 pm

    kangen nang masjid ngawi ki, tnyt lebaran lum jd jg.
    tp ko kayaknya malah lum bwt apa2 gt ya?
    bth wkt brp lm bwt jd penuh….

  5. 5 Furqon September 12, 2008 at 1:35 pm

    Denger2 katanya kontraknya 11 bulan. Mulai 14 Agustus. Jadi kalo lancar, moga2 Juni 2009 udah kelar

  6. 6 amru September 12, 2008 at 2:33 pm

    wah bagus juga yah…
    tapi yang lebih penting lagi bagaimana caranya bisa memakmurkan masjid tersebut…
    moga cepet slese dan bisa menjadi ke banggaan Ngawi..
    Amiiin…

  7. 7 abdulloh September 12, 2008 at 3:53 pm

    seiring semakin besar dan megahnya bangunan masjid agung Ngawi, semoga jamaah 5 waktunya nti juga ikut brtambah banyak…
    dan aktivitas dakwah bisa kembali berjalan sebagaimana mestinya…

  8. 8 dodo September 15, 2008 at 7:45 pm

    achoy
    Maksudnya renovasinya sampai basi?

    haSna- ^_^
    Mungkin itulah salah satu caranya:mrgreen:

    Elfin
    Tidak hanya itu! juga harus dimakmurkan dengan banyaknya jamaah yang datang.!

    tutug
    kangennya bisa diganti dengan masjd di sebelahnya tug.

    Memang sekarang baru pemasangan tiang pancang kok. dan kayaknya pengerjaannya tidak dikebut melihat perbandingan beban pekerjaan jumlah pekerja.

    Kalo sesua jadwal ya juni 2009 selesainya. kalo gak ya bisa molor ato malah lebih cepet. tapi prediksiku bakalan molor deh..

    Furqon
    bener banget. menurut perncanaan bisa selesai juni 2009

    amru
    betul..! amin

    abdulloh
    amin. diharapkan kita tidak hanya berdoa tapi juga bergerak kesana untuk turut memakmurkan masjid.

  9. 9 Masedewe October 8, 2008 at 9:05 pm

    semoga terminalnya lekas kelar juga…

  10. 10 yudha yuliardi October 22, 2008 at 8:01 pm

    sekarang kan ganti nama. bukan masjid agung lagi, tapi masjid alit…

  11. 11 laa dallla October 25, 2008 at 2:18 pm

    bismillah mari kita sama2 men-do’a-kan semoga aja Kontraktor yang mengerjakan sanggup dan amanah untuk bisa menyelesaikan masjid tsb sampe kondisi final 100%,masalahnya gue kawatir duit uang muka masjid yg nilainya g tanggung2 bo,habis mereka pake buat nyelesaiin proyek jalan yg mereka kerjakan,karena gue denger2 proyek jalan mantingan-ngawi yg menelan dana 19EMBER sempat terlambat 30% jd gue kawatir masjid kita ntar dipindah ke jalan gara2 uang kt mrk “jereng” dijalan & yg lebih payah lagi pekerjaan segitu buesarnya koq ngecornya beton pake molen 50kg ya,masak proyek EM-EM-AN proses bangunnya koq kyk bokap gue pas bangun rumah yg nilainya g sampe ratusan juta,yaaah moga2 aja kekawatiran kita tdk menjadi kenyataan

  12. 12 yaa iyya lah October 25, 2008 at 2:39 pm

    yaa iyya lah boss,sapa jg yang mau suply betonnya,la wong orangnya aja senengnya ngemplang utang,ntar mesjidnya kelar ujung2nya kita urunan kotak amal buat bayar utangnya pelaksana,liat trak recordnya boss dulu PT.satwiga pernah vakum gara2 ngemplang uang Bank Jatim dedengkotnya lari ke semarang sembunyi kayak edi tansil&kena blacklist gara2 jembatan yg mereka kerjakan pedot alias putus,belum lagi alat2 berat PU Ngawi yg mereka embat walaupun akhirnya dikembalikan dg kondisi g bs di pake,semoga aja kita sbg warga ngawi tdk dikecewakan yg ke 2 kalinya

  13. 13 noname January 23, 2009 at 3:02 pm

    hahaha….
    q penah nyicipi kerja disitu PT. SMN!! meski cuma 2 bulan siy…

    emang perusahaannya rada gak jelas. kalo dilat dari gradenya uda termasuk grade tinggi tuh.
    tp sayang, managemen perusahaannya bener2 kacau!!! gak tau dey gmn tuh garap masjidnya. moga2 aja bisa kelar sesuai target dan rencana!!

    NB : denger2 dari gosip dikantor dulu, atap masjid rencana mo dibuat kaya atap masjid raya surabaya!!
    tp kalo liat anggarannya??? mana bisa??????

  14. 14 dodo January 28, 2009 at 12:28 pm

    Masedewe
    Amin…

    yudha yuliardi
    betul banget tuh. alit=kecil

    laa dallla
    Amin… tapi sampai sekarang pun jalan raya mantingan ngawi juga belum kelar semuanya lo.

    yaa iyya lah
    amin semoga kita tidak dikecewakan lagi.

    noname
    maksudnya atapnya pake seperti keramik itu? wah keren dong… sayang di gambarnya gak begitu jelas apa bahan dari atapnya itu.

  15. 15 ALEXSANDRA June 20, 2009 at 1:50 pm

    Dari schedule time ternyata mengalami keterlambatan,dan bestek lantai yang seharusnya keramik italy namun memakai marmer lihat prespektif pandangan minus ini;
    #dari segi kualitas tentu marmer lebih baik tapi dari rab takutnya diambil dari biaya item pekerjaan lain.
    #dari segi karekteristik mamer sangat sensitif akan perubahan cuaca serta kandungan garam dan senyawa lain dalam air hujan bisa membuat marmer di bagian itu buram.
    #sehingga perawatan dibutuhkan biaya mahal karna agar biar kinclong harus terus dipoles dengan Kwick Clean untuk mengakat kortoran hingga pori dalam.
    Pandangan sisi arsitektur;
    #Anda bayangkan dari arsitektur desainya kurang religius apalagi kombinasi pagarnya.
    #Nilai histories dari Bupati ke bupati ngawi turun temurun hilang.
    #trali besi pada pembatas tangga kurang tinggi,resiko besar untuk anak-anak.
    #operasional lampu alias mekanikal elektrikal menurut saya sekitar 3500 watt angka fantastik biaya hitung aja sendiri klo tiap malam menyala maximal.
    satu point untuk kita sadari negara miskin dengan kakulasi 60% pengaguran s1 tolong sektor lapangan kerja lebih dipertimbangkan,apalagi sifat tegang dengan negara tetangga yang banyak melemah akibat keterbatasan sarana dan prasarana militer demi kedaulatan daera wilayah tutorial indonesia.

  16. 16 Pecinta Masjid August 18, 2009 at 5:32 pm

    ra usah podo criwis…faktane saiki alhamdulillah mesjid e wis dadi, lan iso dimanfaatke…

  17. 17 melmaftelay December 13, 2009 at 6:55 am

    Amazing, I did not know about that up to the present. Thanks!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





%d bloggers like this: