Selalu Ada Harapan Sayang

Sudah menjadi hobi bagiku pergi jauh meninggalkan peradaban. Kalo gak ke gunung ya kebalikannya, ke pantai. Biar bener-bener meninggalkan peradaban maka semuanya harus kutempuh dengan jalan kaki. Walaupun cukup menyita waktu, tenaga dan pikiran tapi hal itulah yang membuat hidupku serasa lebih hidup.

Kebetulan seminggu kemarin aku pegi ke pantai selatan pulau jawa. Tepatnya ke pantai jolosutro blitar dan berjalan terus menyusuri pantai ke timur sampai di pantai ngliyep malang. Perjalanan cukup menyenangkan karena ternyata banyak sekali pantai yang menimpan keindahan yang gak kalah sama pantai kuta di bali. Kebersihannya pun pasti lebih bersih. Cuma gara-gara gak ada akses transportasi selain jalan setapak menjadikan banyak pantai di selatan kurang terkenal. Salah satu pantai yang cukp berkesan adalah pantai pasir panjang. Dinamakan pasir panjang memang karena hamparan pasir putihnya sepnjang satu kilometer lebih. Lebih panjang dari long beach yang terkenal itu. Kalo kita mau menyusurinya yah 30 menit lebih lah. Ditambah dengan butiran pasirnya yang besar-besar. Hal ini membuat pijakan kaki kita jadi gampang tenggelam. Otomatis kekuatan jalan kita tinggal 50%. Terumbu karangnya pun tak kalah dengan yang ada di indonesia timur bung.

Selain pantai itu masih banyak pantai tak bernama yang kulewati dan tentu mempunyai keanekargaman hayati yang wwwuuuah…. Sayang sekali kalo tidak “termanfaatkan”. Alhamdulillah sekarang sudah ada jalan lintas selatan mulai dari trenggalek sampe banyuwangi (mungkin), walupun separuh badan jalannya sudah ditanami jagung sama warga sekitar. Belum lagi kalo musim hujan jalan itu cocok banget kalo dijadikan track offroad. Semoga saja jalan itu masih tetap ada dan jadi tambah baik. Hingga suatu saat kamu dapat melihatnya.

Selalu ada harapan sayang… suatu saat nanti kamu akan dikunjungi banyak orang. Suatu saat kamu akan mengalahkan kuta. Sabar dan jagalah keindahanmu agar nanti kita semua tidak menyesal.

9 Responses to “Selalu Ada Harapan Sayang”


  1. 1 ikoiko February 13, 2008 at 1:15 pm

    yayaya selalu ada harapan,
    seperti saat lelah berjalan dan takut tak bisa menemukan jalan yang dituju maka yang tersisa adalah harapan
    selalu dan bahkan selalu ada harapan itulah yang selalu dirimu katakan padaku tapi dengan bahasa yang berbeda”setidaknya aku menangkapnya begitu”
    terima kasih pi atas semangat saat naik bukit yang memuakkan itu,

  2. 2 achoy February 13, 2008 at 9:50 pm

    harapan bukan sesuatu yang tersisa…tapi sebuah hal yang selalu ada….sip dech..

  3. 3 Matt De Stupid King February 14, 2008 at 6:15 pm

    Klo bisa seh biar begitu aja.. Jadi kealamiannya ngga tercemar sama tangan kotor manusia…🙂

  4. 5 dodo February 16, 2008 at 1:16 am

    ikoiko >>>
    juga selalu ada kepuasan setelah di puncak bukit melihat ke bawah.

    achoy >>>
    siip… bener tuh

    Matt De Stupid king >>>
    Seperti halnya -biarkan saja, jangan sekolahkan dia, biar tetap tidak tahu apa-apa dan tetap terhindar dari dosa?-

    shinobigatakutmati >>>
    jangan kuatir, semangat adalah nama tengahku…!

  5. 6 Matt De Stupid King February 18, 2008 at 2:38 am

    perbandingan yang ngga masuk akal (agak keluar dari isi post).emang bener seh klo bisa dimanfaatin, kenapa engga gt? tp ya perlu diinget klo tangan manusia itu selalu “cekatan”. makanya aku lebih memilih membiarkan pantai itu tetap begitu adanya. ada kepuasan lho ketika kita capek menelusuri bukit dan ketika pantai tujuan kita tercapai kepuasan itu serasa berlipat.

  6. 7 kampoengboyo February 19, 2008 at 7:22 am

    hmm.. memang banyak wisata yang belum terekspose. padahal gak kalah lo sama yang sudah terkenal.

  7. 8 adhye November 25, 2008 at 2:11 pm

    ya mas… namanya juga blitar selatan kan jalannya cuma selebar mobil,itupun kalo masih ada sekarang hehehe……..(soalnya saya kepantai jolosutro terakhir tahun 2000 an) saya asli sana cuman sekarang udah minggat ke kaltim.moga moga aja pemkab bisa ngembangin jadi pas pulang nanti enak kalo mau jaln kesana,terutama transportasinya yang sangat minim,malah bisa dikatakan tidak ada huh cape dee


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





%d bloggers like this: